WAY KANAN, WWW.JBM.co.id-
Pada Hari ini Selasa, tanggal 8 september diperingati sebagai Hari Aksara atau Hari Literasi Internasional. Merupakan momemtum yang mengingatkan kita semua akan pentingnya literasi.

Eko Prasetyo sang tokoh literasi kebanggaan kabupaten Way kanan mengatakan kepada tim  awak media bahwa meskipun menurut data resmi yang dikeluarkan oleh pemerintah, angka buta aksara masyarakat Indonesia ini sudah menurun.

“Namun literasi harus tetap menjadi pilar yang terpenting dalam tonggak pembangunan”, terang Eko Prasetyo.

Baca Juga :  CATUT NAMA GUBERNUR, BEREDAR SURAT PALSU PENGGALANGAN DANA PENGAMANAN PILKADA

Dia melanjutkan lagi penjelasan nya,
Literasi kini tidak hanya berkutat pada persoalan baca dan menulis saja, lebih dari itu bahwa literasi juga telah menyentuh pada persoalan ekonomi, sosial dan budaya.

“Maka dari itu program Gerakan Literasi Nasional (GLN), yang digalakkan oleh pemerintah telah mendefinisikannya dalam bentuk literasi baca tulis, literasi sains, literasi numerasi, literasi finansial, literasi digital, literasi budaya dan kewargaan”, terang Eko.

Baca Juga :  Evaluasi Korsupgah 2019, KPK Bantu Sulsel Selamatkan Keuangan Daerah Rp6,9 Triliun

Apalagi kata beliau disaat pandemi begini, Perlu penerapan literasi finansial yang baik dengan memanfaatkan literasi digital.

“Praktik baik berliterasi bisa kita lakukan dimana saja dan kapan saja. Misalnya saya nih, saya membaca buku pengolahan budidaya cabai, hasil bacaan yang saya baca dari buku kemudian saya praktikkan dengan bahan-bahan yg sederhana. Berselang 2 bulan saya sudah bisa panen cabai untuk konsumsi sehari-hari. Secara finansial ini cukup menghemat pengeluaran belanja dapur. Masih banyak contoh-contoh lain yang bisa kita ambil”, jelasnya.

Baca Juga :  MAN OF THE MATCH: DISIA-SIAKAN ARSENAL, SERGE GNABRY JADI BINTANG DI BAYERN MUNCHEN

Terakhir Eko menambahkan,
” Berarti literasi menjadi kata kunci dalam kehidupan kita sehari-hari, ” Pungkas Eko.

Redaksi-Seno

Kontributor ; Way Kanan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here