Menuju Adaptasi Baru, Korem 143/HO Gelar Upacara Bendera Minggu Pertama September

3 min read
Spread the love

KENDARI, WWW.JBM.co.id | Hari ini, Senin 7 September 2020 Korem 143/HO menggelar Upacara Bendera Minggu Pertama Bulan September 2020 yang diikuti oleh Prajurit dan PNS jajaran Korem 143/HO di masa pandemi Covid 19 menuju adaptasi baru.

Hal ini dikatakan Kapenrem 143/HO Mayor Arm Sumarsono dalam rilisnya.

“Upacara hari ini menjadi spesial karena selama pandemi Covid 19 ini pertama kali kita melaksanakan kembali Upacara Bendera, dan semua rangkaian kegiatannya harus sesuai dengan SOP protokol kesehatan menuju adaptasi baru,” terang Kapenrem.

“Pada kesempatan ini Inspektur Upacara Kepala Staf Korem 143/HO Kolonel Inf Tri Rana Subekti, S.Sos., M.M.,membacakan amanat Pangdam XIV/Hasanuddin mayjen TNI Andi Sumangerukka, S.E.,” tambah Mayor Sumarsono.

Foto ; Rec.dok

Dalam amanat Pangdam yang dibacakan oleh Kolonel Inf Tri Rana Subekti, Pangdam mengatakan terkait dengan pelaksanaan Current Audit TW III Pangdam meminta para Asisten, Dansat dan Kasatker jajaran Kodam XIV/Hasanuddin agar meningkatkan Sistem Pengendalian Intern (SPI) sehingga pertanggungjawaban keuangan kegiatan yang dilaksanakan benar-benar seuai dengan kode akun program kerja dan anggaran.

Baca Juga :  AKIBAT WABAH COVID-19, PEMERINTAH PUSAT DAN DPR RI SEPAKAT PILKADA 9 DESEMBER 2020, BERIKUT KOMENTAR KPUD WAY KANAN

“Dibidang intelejen para Komandan Satuan agar meningkatkan sistem pengawasan kepada anggota di satuannya untuk tidak terlibat dalam segala bentuk perjudian. Awasi dan yakinkan pengajuan pinjaman oleh anggota, untuk keperluan yang benar-benar positif dengan alasan yang logis,” tegas Mayjen Andi Sumangerukka.

Di bidang operasional Untuk satuan dan personel yang terlibat dalam Komando Tugas Gabungan Terpadu (Kogasgabpad) pendisiplinan protokol kesehatan agar benar-benar memahami tugas dan tanggung jawabnya serta selalu menjadi contoh, himbau masyarakat secara tegas namun humanis tentang pentingnya penggunaan masker, menjaga jarak dan mencuci tangan.

Masih dalam kesempatan yang sama dibidang personel Dalam proses pemindahan personel agar memedomani peraturan dan ketentuan yang berlaku. Selain itu, untuk pengusulan pindah satuan bagi personel satuan setingkat Batalyon agar tidak diarahkan langsung keluar Kotama, tetapi diarahkan ke satuan komando kewilayahan.

Baca Juga :  Kepala Bakamla RI Courtesy Call kepada Menhan Prabowo Subianto

Lanjut dibidang logistik Untuk mencegah terjadinya kasus kebakaran yang dapat merugikan personel dan materiil di lingkungan kantor serta di lingkungan tempat tinggal (asrama, mess), laksanakan pengecekan dan pembenahan terhadap instalasi listrik dengan menghindari sambungan listrik ilegal, simpan alat perlengkapan yang mudah terbakar/meledak di tempat aman yang jauh dari sumber aliran listrik.

“Apabila akan meninggalkan kantor maupun tempat tinggal, pastikan peralatan elektronik tidak terhubung dengan aliran listrik. Lengkapi alat pemadam kebakaran dalam jumlah yang memadai dan tempatkan pada lokasi strategis sehingga memudahkan pemanfaatan bila diperlukan,” tegas Pangdam.

Yang terakhir dibidang teritorial dan perencanaan dikaitkan dengan program TMMD 109 yang akan dilaksanakan pada tanggal 22 September sampai dengan 21 Oktober 2020 yang melibatkan 4 Kodim diantaranya Kodim 1411/Bulukumba, Kodim 1420/Sidrap, Kodim 1418/Mamuju dan Kodim 1416/Muna.

Baca Juga :  SBY Dijadwalkan Pulang Kampung Ke Pacitan, Februari Mendatang

“Kepada para Dandim selaku Dansatgas TMMD ke-109 agar segera merencanakan dan mengkoordinasikan kegiatan ini sehingga tidak terjadi perubahan sasaran maupun anggaran pada pelaksanaan TMMD dan kepada seluruh Satker agar segera menyusun RKA TA 2021 sesuai dengan urutan prioritas sehingga dapat dilaksanakan penyerapan anggaran dengan baik, bulan Agustus yang lalu telah dilaksanakan Rapat Panhar, saya minta agar hasil rapat tersebut dijadikan acuan untuk menindaklanjuti pelaksanaaan kegiatan dan anggaran,” pungkas Mayjen TNI Andi Sumangerukka.

Adapun turut dalam kegiatan Upacara Bendera Para Kasi Kasrem 143/HO, para Dan/Ka Disjan jajaran, Perwira, Bintara, Tamtama dan PNS jajaran Korem 143/HO.

Redaksi-Seno

Sumber : Penrem143

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *