Foto Ist: Dekorda Puskor Hindunesia Buleleng dilantik

SINGARAJA-JBM.CO.ID – Masih dalam suasana perayaan HUT Proklamasi Kemerdekaan RI ke-75, Ketua Pusat Koordinator (Puskor) Hindunesia, Ida Bagus Susena Jumat (28/8/2020) melantik Dewan Koordinator Daerah (Dekorda) Hindunesia Kabupaten Buleleng periode 2020-2025.

Pelantikan pengurus dan relawan Dekorda Hindunesia Buleleng dilakukan di Wantilan Pasraman Dukuh Sakti di Jalan Pulau Komodo Gang Bharata, Kelurahan Banyuning, Kecamatan Buleleng.

Acara itu dihadiri beberapa tokoh spiritual, keluarga besar Satria Muda Majapahit, Amukti Palapa Nusantara dan pemerhati Budaya serta perwakilan dari unsur terkait, pelantikan diisi juga dengan pembagian paket sembako kepada masyarakat yang kurang mampu.

Ketua Puskor Hindunesia, Ida Bagus Susena mengatakan, Puskor Hindunesia yang sudah berdiri sejak 17 tahun lalu memiliki tujuan untuk mewujudkan masyarakat Hindu yang Santhi dan Jagadhita melalui membangkitkan gerakan kesadaran dan membangun konsep pelayanan pengabdian. Konsep pelayanan dan pengabdian ini selama ini hanya sedikit diminati oleh umat Hindu.

Baca Juga :  Pungli Biaya Sertifikat, Satreskrim Polres Serdang Bedagai OTT Oknum BPN Serdang Bedagai

Untuk itu, lanjut Susena, ke depan diperlukan tenaga-tenaga relawan yang bisa dan siap memberikan pelayanan serta pengabdian dalam rangka menguatkan sumber daya manusia (SDM). “SDM ini kunci kita kedepan. Ketika kita bisa membangun SDM yang berkualitas berarti kita bisa membangun peradaban yang lebih maju,” ujar Susena.

Maju disini, sambungnya, tidak hanya dari sisi teknologi, namun juga dalam menjaga nilai-nilai tradisi. “Untuk itu bisa kita artikan sebagai memahami ilmu pengetahuan dan teknologi, tetapi tetap harus bisa menyelamatkan nilai-nilai tradisi untuk kita wariskan kepada generasi kita kedepan,” ungkapnya.

Baca Juga :  GTPP BULELENG SIAP IKUTI PEDOMAN PENANGANAN COVID-19 DARI KEMENKES

Selanjutnya kepada Dekorda Hindunesia Buleleng yang sudah dilantik diharapkan bisa menyusun program kerja dan kegiatan yang realistis. Karena bagaimanapun pihaknya tidak bisa menjangkau semua permasalahan untuk diselesaikan dalam satu kali program. “Jadi harapan saya disini Dekorda Buleleng sudah mulai menata, program mana yang menjadi prioritas untuk kita selesaikan bersama,” tandasnya.

Sementara itu Ketua Dekorda Puskor Hindunesia Kabupaten Buleleng Jero Budi Hartawan didampingi Sekretaris Gede Armadayasa dan Bendahara Nyoman Suarta bahwa menyikapi situasi di Bali belakangan ini dengan maraknya muncul berbagai alliran kepercayaan yang tidak sejalan dengan Hindu Bali yang bernuansa adat dan budya Bali.

Baca Juga :  *Dinahkodai Presiden JOKOWI, Indonesia Menuju Macan Dunia*

Budi Hartawan pada kesempatan itu ditekankan bahwa pengurus dan relawan Dekorda Hindunesia sudah ada di semua Kecamatan yang semuanya sejalan dengan majelis-majelis desa pakraman.

“Jadi pergerakan inilah yang nantinya kedepan bisa dipakai untuk menyebarluaskan tentang pemahaman Hindu yang tidak terlepas dari konsep Satyam Siwam Sundaram,” pungkas mantan anggota DPRD Bali itu.

Penulis: Francelino
Editor: Sarjana

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here