Pasien Covid-19 Confirm Di Pacitan Kembali Bertambah Empat. Total Ada 39

2 min read

Pacitan, www.jbm.id- Kasus covid-19 di Pacitan, semakin mencekam. Pasalnya, malam ini gugus tugas percepatan penanganan (GTPP) covid-19, kembali mengumumkan adanya penambahan 4 pasien covid-19 confirm baru.

Dua diantaranya dari transmisi lokal Kecamatan Sudimoro. Keduanya berjenis kelamin laki-laki dan masih berusia produktif. Sedangkan satu pasien berjenis kelamin perempuan, asal Kecamatan Pacitan. Diduga yang bersangkutan terinfeksi covid-19 dari transmisi lokal.

Sementara satu pasien lainnya, berjenis kelamin laki-laki, asal Kecamatan Ngadirojo. Asal transmisi masih abu-abu. Sebab yang bersangkutan dikabarkan pernah bekerja di Surabaya.

Dengan penambahan empat pasien positif covid-19 baru, perkembangan kasus covid-19 di Pacitan, disampaikan sebagai berikut. Jumlah orang dalam pantauan (ODP) sebanyak 675. Masih dalam pemantauan sebanyak 15 orang, selesai dipantau 659, dan meninggal dunia 1 orang.

Baca Juga :  Cerita Sejarah Kemesraan Bupati Indartato Dan Ketua DPRD Pacitan, Indrata Nur Bayuaji

Pasien dalam pengawasan (PDP) sebanyak 24 orang. Masih diawasi sebanyak 4, dan selesai diawasi 14, meninggal dunia 6 orang. Sementara yang covid-19 confirm sebanyak 39, sembuh 13, dirawat 25, dan meninggal dunia satu orang.

Menurut Ketua GTPP Covid-19 Pemkab Pacitan, Indartato, bahwa hari ini yang diswab sebanyak 82 dan keluar 65. Dari jumlah tersebut, yang positif 4 dan negatif 61. “Yang belum keluar masih ada 37,” kata Indartato, saat menggelar jumpa pers, Jumat (10/7) malam.

Kemudian pada bulan Juli ini telah dilaksanakan swab sebanyak 67 dan sudah keluar empat, kesemuanya negatif. “Yang masih daftar tunggu total ada 81,” tutur pria yang juga menjabat sebagai Bupati Pacitan ini.

Baca Juga :  Gagarin Dipastikan Diusung PDIP, Golkar, PKB dan Nasdem Di Pilbup Pacitan

Indartato berharap, agar masyarakat lebih disiplin dalam menjalankan protokol kesehatan. “Gugus tugas, sebagaimana arahan Bapak Kapolres, akan tetap melakukan tiga hal. Yakni tracing, testing dan treatment. Semoga kedepan tidak ada lagi penambahan pasien positif covid-19. Dan memang seperti ini kenyataannya,” tutur Indartato.

Sementara itu, juru bicara tim komunikasi publik, GTPP covid-19 Pemkab Pacitan Rachmad Dwiyanto, mengatakan, agar masyarakat lebih waspada dan berhati-hati. Saat ini kasus covid-19 di Pacitan, sudah memasuki fase membahayakan.

Ia memprediksi, akan terjadi ledakan kasus covid-19 dalam waktu dekat ini. “Karena itu, tetap kedepankan protokol kesehatan. Selalu pakai masker saat keluar dari rumah dan selalu jaga jarak fisik saat melakukan interaksi sosial. Perlu diketahui, badan kesehatan dunia (WHO) telah menyampaikan bahwa virus SARS-CoV-2 bisa menular melalui udara,” tegasnya.

Baca Juga :  Temuan Klaster Baru, Stok RDT Di Pacitan Menipis

Hadir dalam kesempatan jumpa pers, Kapolres Pacitan AKBP Didik Hariyanto, Dandim 0801 Pacitan, Letkol inf Nuri Wahyudi, Sekertaris Kabupaten Pacitan Heru Wiwoho Supadi Putro, Pelaksana tugas Kepala Dinas Kesehatan, Trihadi Hendra Purwaka, dan Kepala Pelaksana BPBD Pacitan, Didik Alih Wibowo. (yun).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *