ARU-MALUKU, WWW.JBM.CO.ID | Pada Minggu 26 April 2020 sekira Pukul 15.45 WIT, bertempat Desa Benjina, Polsek Prarural Aru Tengah tergabung yang dalam Tim Gugus Tugas Penanganan Virus Corona (Covid 19) Kecamatan Aru Tengah melakukan sosialisasi terkait penanganan dan pencegahan Covid-19 guna memutus rantai penyebaran Virus Corona di Kecamatan Aru Tengah.

Tim Gugus yang melakukan sosialisasi yaitu Camat Aru Tengah Toncy Koljaan S.Sos. Sekcam Aru Tengah Fanly Nada SH. Kapus Rawat Inap Benjina J. Rumakety S.Kep Dr. Freddy Stanza Purba dan Pos Koramil Persiapan Serma Roby Jakson anggota pos Koramil persiapan Serda Rubin Ps. Kanit Pulbaket Polsek Aru Tengah Brigpol D Lainsamputty.

Adapun arahan yang disampaikan oleh Tim dalam sosialisasi Camat Aru Tengah Tonci Kolyaan Permendes no 6 tahun 2020 pengganti Permendes no 11 tahun 2019 berkaitan dengan prioritas penggunaan dana Desa tahun 2020 skala prioritasnya ada (3) Pencegahan dan penanganan Covid-19, padat Karya Tunai
Bantuan langsung tunai (BLT) Agar Kades segera membentuk satgas relawan penanganan Covid 19 di Desa masing masing jangan menyebarkan hoax terkait Virus Corona karna ada sangsinya.

Baca Juga :  PEMBANGUNAN INFRASTRUKTUR BERSUMBER DARI DANA DESA TA 2020 GUNUNG SANGKARAN KAB.WAY KANAN MULAI DIREALISASIKAN

Kapus Rawat Inap Benjina menjelaskan istilah dalam penanganan Covid-19, “apabila dari pihak kesehatan turun ke Desa-desa untuk melakukan pemeriksaan kesehatan terhadap adik-adik mahasiswa yang baru dari luar kota agar koperatif dalam melakukan pemeriksaan”, katanya.

“Lebih Baik Mencegah dari pada mengobati dan yang harus dilakukan adalah orang yang baru tiba dari luar kota wajib dikarantina mandiri dirumah serta harus jaga jarak dengan anggota keluarga, harus rajin cuci tangan,
Selalu menggunakan masker Jaga jarak dalam melakukan aktifitas, selalu minum air hangat, makan makanan yang bergizi Makan buah-buahan yang banyak mengandung vitamin C, berjemur di bawah sinar Matahari pada pukul 10.00 Wait karena sangat baik untuk mencegah virus Corona”, ungkapnya.

Baca Juga :  Polri dan KPI Bahas Persiapan Hari Penyiaran Nasional

Sementara komandan  Pos Koramil mengatakan, Persiapan Jangan ke Kota Dobo dulu apabila tidak ada urusan yang dianggap penting.
“Apabila ada keluarga yang dari kota ingin pulang ke kampung agar disampaikan untuk tidak pulang karena ditakutkan dalam perjalanan bisa terpapar virus Corona”.

Ps. Kanit Pulbaket Polsek Aru Tengah mengimbau untuk taati peraturan Pemerintah dari pusat sampai ke Pemerintah Daerah, “taati imbauan yang disampaikan oleh tim gugus tugas penanganan Covid-19 guna terhindar dan dapat memutus mata rantai penyebarannya”.

Baca Juga :  Bawaslu Bandar Lampung Gelar Workshop Penanganan Pelanggaran Kode Etik Panitia Ad-Hoc

“Dalam situasi sekarang ini diharapkan kepada seluruh masyarakat selalu menjaga situasi Kamtibmas di wilayah masing masing”.

“Diharapkan juga bagi Pemerintah Desa dapat membantu tim dalam pelaksanaan kegiatan tersebut, karena apabila semuanya kompak dalam memerangi Virus Corona yakin dan percaya kita semua dapat terhindar dari Virus Corona”, terangnya.

Dalam pelaksanaan sosialisasi tersebut berjalan dengan aman, selanjutnya tim gugus tugas akan terus melakukan sosialisasi ke Desa-desa lainnya. /Red-jbm

Sumber Berita ; Stefen Malihu

Editor ; SA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here