KMI GELAR DISKUSI, PENGAMAT EKONOMI DIGITAL DESAK PEMERINTAH ATASI PERSOALAN PERMODALAN DAN PEMASARAN UMKM

1 min read
Spread the love

JAKARTA, JBM.CO.IDPengamat ekonomi digital Hafidz Marshal meminta pemerintah mengatasi persoalan mendasar yang dihadapi para pelaku UMKM. Seperti persoalan permodalan dan pemasaran.

Hal ini disampaikan Hafidz dalam diskusi bertajuk ‘Optimalisasi Peran UMKM Dalam Mempercepat Transformasi Ekonomi’ yang diselenggarakan Kaukus Muda Indonesia (KMI) bekerjasama dengan Bank Mandiri, Kamis, (26/3/2020) di kantor KMI, Salemba, Jakarta Pusat.

Baca Juga :  KETUM LAAGI PENUHI PANGGILAN PIDSUS POLRESTABES UNTUK DI MINTAI KLARIFIKASI

“Sebagian besar atau 90 persen permasalahan UMKM umumnya selalu berkaitan dengan permasalahan manajemen, permodalan, metodologi, bahan baku, pemasaran, infrastruktur, serta pungutan dan kebijakan yang tak jelas.,” ujar Hafidz.

“Kalau tidak ada jalan keluarnya atau upayanya saya akan sulit UMKM bisa terlibat dalam mempercepat transformasi ekonomi Indonesia,” sambungnya.

Narasumber lainnya, Ahmad Syarifuddin selaku Pegiat Ekonomi Kerakyatan menegaskan bahwa UMKM sangat membantu menyerap tenaga kerja.

Baca Juga :  Presiden RI Joko Widodo dan Wakil Presiden Saksikan Pengucapan Sumpah Hakim Konstitusi

“UMKM merupakan salah satu sumber pendapatan bagi sebagian besar warga indonesia usaha ini hampir menyerap 90% tenaga kerja namun saat ini hanya berkontribusi 60% dari Gross Domestic Product,” sebutnya.

Syarifuddin berharap UMKM tak lagi terkendala mungkin dalam hal pembiayaan modal usaha.

“Nah. kalau kita mau mengoptimalkan peran UMKM, tentunya harus diatasi semua permasalahan diatas. dan ini tidak mudah tetapi dengan size dan potensi UMKM yang begitu luar biasa, pemerintah harus terus mengupayakan optimalisasi tersebut,” tegas Syarifuddin. /Jbm

Baca Juga :  Kunjungan Kenegaraan ke Australia, Presiden Akan Hadiri ALM dan Finalisasi IA-CEPA

Editor ; Seno

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *