Berita

Pembuatan Sistem Informasi dan Sumbangan Komputer serta Alat Terapi untuk Yayasan Tapasya Stroke Center di Tabanan

1 Juni 2023

Jarrakposbali.com – Politeknik Negeri Bali (PNB) memiliki Jurusan Teknik Elektro yang mengelola lima program studi yaitu D2 Teknik Komputer Jaringan, D3 Teknik Listrik, D3 Manajemen Informatika, D4 Terapan Teknik Otomasi, dan D4 Terapan Teknologi Rekayasa Perangkat Lunak.

Program Studi D4 Terapan Teknik Otomasi merupakan program studi baru di Politeknik Negeri Bali dan program studi satu-satunya yang ada di Bali sehingga peluang kerja cukup luas dengan ilmu yang masih akan terus berkembang kedepannya bagi lulusan program studi ini. Program Studi Teknik Otomasi merupakan program studi yang khusus mempelajari Internet of Things (IoT) yang meliputi bagian berikut ini, yaitu.

Smart Home Systems: Sistem cerdas untuk mengontrol dan mengelola berbagai aspek rumah tangga, seperti pencahayaan, suhu, keamanan, dan perangkat elektronik, melalui aplikasi smartphone.

Advertisement

Wearable Devices: Perangkat yang dapat dipakai, seperti smartwatch, fitness tracker, atau alat kesehatan yang terhubung dengan smartphone untuk memantau aktivitas, kesehatan, dan memberikan notifikasi.

Smart Appliances: Perangkat elektronik rumah tangga seperti kulkas, oven, atau mesin cuci yang dapat dikontrol dan diatur melalui smartphone atau perintah suara.

Smart City Solutions: Solusi teknologi yang digunakan dalam kota untuk meningkatkan efisiensi dan kualitas hidup, seperti pengelolaan parkir cerdas, penerangan jalan pintar, atau pengumpulan data lingkungan.

Industrial IoT: Penerapan IoT dalam industri untuk meningkatkan efisiensi produksi, pemeliharaan mesin, pengelolaan rantai pasok, dan pemantauan penggunaan energi.

Connected Cars: Mobil yang terhubung dengan internet untuk menyediakan navigasi, informasi lalu lintas real-time, pengaturan suhu otomatis, pemantauan kondisi kendaraan, dan fitur keamanan lainnya.

Smart Agriculture: Teknologi IoT digunakan dalam pertanian untuk pemantauan tanaman, pengaturan irigasi, pemantauan hama dan penyakit, dan optimasi produksi.

Healthcare IoT: Perangkat medis dan solusi kesehatan yang terhubung ke jaringan untuk pemantauan penyintas jarak jauh, manajemen obat, pemantauan kondisi medis, dan pemberian perawatan yang lebih baik.

Smart Energy Management: Solusi IoT untuk memantau dan mengoptimalkan penggunaan energi, seperti smart metering, pengaturan suhu otomatis, dan penggunaan energi yang efisien.

Retail IoT: Penerapan IoT dalam industri ritel untuk analisis data pelanggan, manajemen persediaan, pengaturan harga dinamis, dan pengalaman pelanggan yang ditingkatkan.

 

Wujud pengabdian kepada masyarakat yang telah dilakukan Program Studi Teknik Otomasi Jurusan Teknik Elektro, Politeknik Negeri Bali pada tanggal 1 Juni 2023 adalah melakukan pemberian sumbangan perangkat komputer, printer, alat terapi, tempat lampu dan sistem informasi untuk manajemen data yayasan beserta pelatihan penggunaan sistem informasinya. Selain itu, dosen dan pegawai secara sukarela berdonasi untuk memberikan sembako kepada penyintas stroke yang memiliki kekurangan dalam hal kemampuan finansial di Yayasan Tapasya Stroke Center Amaranee yang berlokasi di Tabanan.

 

Yayasan Tapasya Stroke Center Amaranee adalah sebuah yayasan sosial non-profit di Tabanan Bali yang fokus memberikan pendampingan kepada penderita stroke yang tidak memiliki kemampuan finansial. Yayasan ini didirikan oleh Nyoman Titiek, seorang wanita yang pernah mengalami stroke dan berhasil sembuh. Dari pengalaman pribadinya, Nyoman Titiek merasa terdorong untuk berbagi dan mendedikasikan hidupnya untuk membantu sesama penderita stroke. Yayasan ini beroperasi setiap hari dan memberikan pelayanan secara gratis. Mereka menawarkan 6 Program Inti Pemulihan Stroke yang didasarkan pada pengalaman pribadi Nyoman Titiek dalam proses pemulihan dari stroke, yaitu: Fisioterapi, Meditasi, Yoga Terapi, Pelatihan dan Penyaluran Hobi, Edukasi, serta Motivasi dan Konsultasi.

 

Adapun tujuan dari pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang akan dilaksanakan adalah:

Mewujudkan Tridharma Perguruan Tinggi khususnya dharma pengabdian kepada masyarakat

Menyumbangkan ilmu pengetahuan dan keahlian yang dimiliki oleh civitas akademika Program Studi Teknik Otomasi Jurusan Teknik Elektro bagi masyarakat, khususnya Yayasan Tapasya Stroke Centre Amaranee, Kabupaten Tabanan.

Memberikan sarana prasarana perangkat komputer mendukung sistem manajemen data

Membantu melakukan pengelolaan data penyintas dan data donatur Yayasan Stroke Tapasya Centre.

 

 

Adapun manfaat yang diharapkan dari pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah:

Meningkatkan kualitas layanan Yayasan Stroke Tapasya Centre.

Menambah fasilitas berupa alat terapi dan perangkat komputer

Meningkatkan kualitas manajemen informasi dan pengelolaan data Yayasan Stroke Tapasya Centre.

Meningkatkan penyebaran informasi tentang Yayasan Stroke Tapasya Centre

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button