Hipmi Fest 2020, Gubernur Arinal Ajak Wirausaha Muda Lampung Ikut Berperan Kurangi Pengangguran

2 min read

Lampung, JBM.CO.ID | Gubernur Lampung Arinal Djunaidi mengajak wirausaha muda ikut berperan membantu pemerintah dalam meningkatkan perkembangan ekonomi daerah dan mengurangi pengangguran.

Ajakan Gubernur tersebut disampaikan Sekretaris Daerah Provinsi Lampung Fahrizal Darminto saat mewakili Gubernur membuka Hipmi Fest 2020, di Gedung Graha Wangsa, Kamis (5/3/2020).

Hipmi Fest 2020 ini juga menghadirkan Ketua BPP Hipmi 2005-2008 Sandiaga Uno sebagai pembicara.

“Generasi muda adalah sumber daya produktif yang dengan ide kreatifnya dapat membuka sebuah usaha yang juga membantu pemerintah dalam mengurangi tingkat pengangguran,” ujar Fahrizal.

Foto ; Rec.dok/

Menurut Fahrizal, dengan semakin banyak anak muda yang berkecimpung di dunia wirausaha, semakin banyak pula produktivitas yang dihasilkan. “Sehingga berdampak pula pada meningkatnya perkembangan ekonomi daerah,” katanya.

Baca Juga :  VIRUS CORONA: AMUKTI PALAPA NUSANTARA BAGI-BAGI SEMBAKO DI BANYUNING

Fahrizal mengatakan bahwa harus dipersiapkan pengusaha-pengusaha muda yang juga bisa berperan aktif dalam mengambil alih tongkat estafet pembangunan serta siap menghadapi era revolusi industri 4.0.

Terutama pada tahun 2030, dimana Indonesia diprediksi mengalami masa bonus demografi, yakni penduduk usia produktif mencapai 64 persen dari total jumlah penduduk Indonesia.

“Peranan wirausaha harus ikut menciptakan kesempatan kerja, meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan pendapatan nasional serta mengurangi kesenjangan ekonomi di masyarakat dengan tumbuhnya sentra-sentra baru perekonomian baik dipedesaan maupun diperkotaan,” ujarnya.

Menurut Fahrizal, perkembangan ekonomi kreatif juga tidak dapat terlepas dari generasi muda sebagai gudang kreativitas.

Foto ; Rec.dok/

“Pengembangan ekonomi kreatif berdasarkan pada kreativitas, keterampilan, dan bakat individu untuk menciptakan daya kreasi dan daya cipta individu yang bernilai ekonomis dan berpengaruh pada kesejahteraan masyarakat,” katanya.

Baca Juga :  HUKUM: CURI HANDPHONE, BUYAR HANYA DITIPIRING

Fahrizal menyebutkan kegiatan Hipmi Fest 2020 ini diharapkan dapat menyalurkan para wirausaha muda di sektor industri kreatif dan mampu memberikan kontribusi signifikan terhadap perekonomian daerah.

“Semoga juga dapat menggerakan roda perekonomian sekaligus menjadi tulang punggung ekonomi masyarakat menuju Lampung Berjaya,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Umum BPP Hipmi Mardani Maming menyampaikan bahwa jika mempunyai mimpi maka raihlah di masa muda termasuk dalam berwirausaha.

Foto ; Rec.dok/

“Jemputlah mimpimu dimasa muda, kenapa? Kalau mau menjadi pengusaha jadilah pengusaha yang muda, karena modal muda modal yang tidak bisa dibeli selama kita hidup,” ujar Mardani.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Umum BPD Hipmi Lampung Arie Nanda Djausal mengatakan Hipmi Fest 2020 ini merupakan festival akbar kreatif yang diharapkan dapat menginspirasi, memberi pola pikir baru dan paradigma baru tentang dunia usaha saat ini.

Baca Juga :  Kasus Terkonfirmasi Positif COVID-19 Bertambah 862, Pasien Sembuh Naik Jadi 18.404 Orang

Selain itu menurutnya, untuk menghubungkan para pelaku industri kreatif untuk saling bersinergi dan berkolaborasi serta menambah jumlah persentase pengusaha di Lampung guna mengantisipasi dalam menghadapi bonus demografi. “Ini juga sebagai langkah kita dalam menyambut Indonesia Emas 2045,” ujar Arie.

Arie mengatakan Hipmi juga siap berkolaborasi dengan visi Gubernur Lampung mewujudkan Rakyat Lampung Berjaya.

“Jika pengusaha muda berjaya, maka Lampung akan berjaya. Lampung yang aman dan damai menjadi lahan kesuburan bagi kita semua untuk terus berkembang sehingga mewujudkan Lampung yang berjaya,” katanya. /JBM

Editor ; Eno

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *