BadungBeritaDaerahPariwisata

Paparkan Pariwisata Badung, Inda Trimafo Terima Kunker DPRD Kabupaten Puncak, Papua Tengah

Jbm.co.id-BADUNG | Anggota Komisi IV DPRD Kabupaten Badung IGA. Agung Inda Trimafo Yudha menerima Kunker atau Kunjungan Kerja DPRD Kabupaten Puncak Papua Tengah di Kantor Sekretariat DPRD Kabupaten Badung, Kamis, 14 September 2023.

“Kebetulan juga, Pimpinan dan Anggota DPRD Kabupaten Puncak, Papua Tengah tertarik untuk menggarisbawahi kunjungannya bagaimana bertukar informasi tentang Pariwisata Badung. Untuk itu, saya hari ini juga didampingi Kadis Pariwisata Badung. Semoga kedepan, kami bisa membalas kunjungan DPRD Puncak Papua Tengah,” terangnya.

Dihadapan Ketua DPRD Kabupaten Puncak Papua Tengah, Lukius Newegalen dan Anggotanya, Inda Trimafo memaparkan sistem pengelolaan Pariwisata Badung. Bahkan, pihaknya berharap DPRD Kabupaten Puncak Papua Tengah bisa memetik pengetahuan tentang pengelolaan Pariwisata Badung. Jika mengembangkan pariwisata, lanjutnya maka kondisi semua wilayah itu harus memiliki infrastruktur yang bagus dan juga bisa memberikan keamanan serta kenyamanan bagi pengunjungnya.

Advertisement
Foto: Anggota Komisi IV DPRD Kabupaten Badung IGA. Agung Inda Trimafo Yudha menerima Kunker atau Kunjungan Kerja DPRD Kabupaten Puncak Papua Tengah dibawah pimpinan Lukius Newegalen di Kantor Sekretariat DPRD Kabupaten Badung, Kamis, 14 September 2023.

“Selain itu, sistem transportasi harus lancar yang tentunya semua kegiatan-kegiatan ekonomi yang ada di masyarakat itu harus bisa juga didukung oleh Pemerintah, tak terkecuali juga bagi pelaku pariwisata,” ungkapnya.

Untuk itu, Inda Trimafo menyebutkan, pihaknya dari DPRD Badung bertugas melakukan koordinasi dengan Eksekutif, khususnya Bupati Badung, yang lebih spesifik lagi, yakni Dinas Pariwisata Kabupaten Badung dalam memfasilitasi pelaku pariwisata, untuk bisa berkegiatan ekonomi dan berkontribusi bagi Pendapatan Daerah Kabupaten Badung.

“Nantinya bisa dikembalikan dalam program-program kegiatan, baik melalui desa maupun hibah dan lain-lain untuk bisa mendukung kemakmuran masyarakat yang ada di Badung,” pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas atau Kadis Pariwisata Kabupaten Badung, I Nyoman Rudiartha menyampaikan bahwa pada saat pandemi Covid-19, kunjungan wisatawan ke Kabupaten Badung paling terpuruk, karena hampir 80 persen akomodasi pariwisata berada di Kabupaten Badung, sehingga Pendapatan Daerah Badung berkisar 75 persen bersumber dari PHR atau Pajak Hotel dan Restoran.

Disebutkan, pada tahun 2021, jumlah kunjungan wisatawan hanya di angka 297 orang. Namun, pada tahun 2022 terdapat peningkatan signifikan terhadap jumlah kunjungan wisatawan sebanyak 2,9 juta orang. Bahkan, pada semester pertama tahun 2023, jumlah kunjungan wisatawan menembus 3 juta orang pengunjung.

“Karena target kunjungan wisatawan di Kabupaten Badung dan Bali 4,5 juta pengunjung. Secara nasional ada di angka 8,5 juta pengunjung,” paparnya.

Bahkan, pihaknya optimis angka 4,5 juta pengunjung wisatawan ke Kabupaten Badung akan terpenuhi pada tahun 2023.

“Dengan adanya peran DPRD Badung yang selalu memberikan kita arahan terhadap kegiatan-kegiatan pariwisata. Astungkara, puji Tuhan target itu bisa terealisasi,” tutupnya. (ace).

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button