Berita

Polri Pertimbangkan Masukan Menko Polhukam Tentang Penghapusan Fungsi Penyelidikan Dan Penyidikan Di Polsek

Jakarta, JBM.CO.ID | Masukan yang diberikan Pemerintah melalui Menko Polhukam Mahfud MD, agar Kepolisian Subsektor (Polsek) tidak melakukan penyelidikan dan penyidikan, menjadikan bahan Polri untuk dipertimbangkan. Polri mengatakan siap untuk mendiskusikannya, namun ada beberapa catatan yang perlu ditekankan.

Seperti yang di ungkapkan staf Ahli Kapolri bidang Sosial-budaya Irjen Pol Fadil imron, Wacana Menko Polhukam merupakan model perpolisian di Jepang. Polsek fokus pelayanan dan pencegahan. Namun ada beberapa catatan, yaitu ada pembagian wilayah hukum Polres berdasarkan jumlah penduduk dan komposisi permasalahan. Termasuk jumlah komposisi Polisi dan masayarakat. Jum’at, (21/2/2020).

Misalnya Polres Jakarta Barat (Jakbar) dapat dibagi menjadi tiga Polres. Catatan selanjutnya adalah struktur Polri dan hubungan tata cara kerja (HTCK), otomatis akan berubah di tingkat polsek serta polres. Sebab struktur itu mengikuti keputusan presiden (kepres) yang ada tentang Polri.

Lebih lanjut, pertimbangan pembentukan polres tidak hanya berdasarkan struktur Pemerintah Daerah (pemda). “Tapi beban kerja berdasarkan jumlah penduduk dan luas wilayah,” ucap mantan Kapolres Jakbar dan mantan Direktur tindak pidana tertentu Bareskrim Polri ini.

Sedangkan imbuh Fadil Polres perlu dibagi lagi menjadi beberapa Kepolisian Subsektor. Model inilah yang disebut mirip dengan kepolisian Jepang yang diinginkan Mahfud MD. Sebab, model polisi di Jepang adalah mengutamakan pencegahan kejahatan.

“Di Jepang dikenal dengan nama koban dan chuzaz. Untuk melaksanakan model pemolisian seperti ini perlu waktu dan perencanaan terkait anggaran untuk penguatan sumber daya organisasi (man, money, material and method), dan Kunci keberhasilan model pemolisian tersebut adalah transformasi organisasi, problem solving, dan pelibatan publik (masyarakat, pemda, NGO), atau sinergisitas polisional”, terangnya. /JBM

Editor ; Eno

 

Banner Iklan Rafting Jarrak Travel

Related Articles

4 Comments

  1. 458766 256974This web-site is in fact a walk-through rather than the information you desired concerning this and didnt know who to inquire about. Glimpse here, and youll completely discover it. 377177

  2. 45108 3456This sort of in search of get the enhancements produced on this particular lifestyle and diet, begin your L . a . Shifting the pounds diet solution is actually a huge procedure into accesing which normally hope. weight loss 136700

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button