BeritaDaerahDenpasarOlahraga

Sukses Raih Juara, SMK Negeri 3 Denpasar Terapkan Strategi Khusus dan Ditangani Pelatih Top, Saat Porsenijar 2024

Jbm.co.id-DENPASAR | SMK Negeri 3 Denpasar berhasil meraih sejumlah emas, perak dan perunggu, dalam berbagai Cabang Olahraga (Cabor) pada Pekan Olahraga dan Seni Pelajar atau Porsenijar Tahun 2024 se-Bali.

“Daftar perolehan Juara meliputi Cabor Baseball 3 emas, Pencak silat 2 emas+1 perunggu, Dance sport 3 perak + 1 perunggu. Update sementara perolehan medali untuk SMK negeri 3 Denpasar adalah Baseball 1 emas, Softball 1 emas dan Pencak Silat putri 1 emas,” kata Kepala SMK Negeri 3 Denpasar Drs. Anak Agung Bagus Wijaya Putra, M.Pd., saat dikonfirmasi awak media di Denpasar, Selasa, 2 April 2024.

Atas raihan prestasi tersebut, Wijaya Putra menyebutkan, bahwa SMK Negeri 3 Denpasar punya ekstrakurikuler untuk membina siswa selama di sekolah.

Advertisement

Tentunya, pihak sekolah memiliki strategi khusus, lantaran melihat persaingan ketat, terutama dengan SMA dalam meraih medali emas, pada Porsenijar tahun 2024.

“Kita melihat strategi mana peluang kita dapat medali emas, termasuk olahraga yang baru. Ini khan siswa masih belajar semua, kita ngambilnya disana,” terangnya.

Oleh karena itu, pihaknya berhasil meraih beberapa emas dari Cabang Olahraga (Cabor) seperti itu.

“Beberapa Cabor ada yang baru, tapi kalau di permainan kita kurang dibandingkan SMA. Kita berharap di single-single itu, kayak Silat itu khan sendiri,” ungkapnya.

Selain strategi, pihak SMK Negeri 3 Denpasar juga mengambil Pembina-Pembina yang memang terbilang ahli di bidangnya, seperti Pencak Silat.

“Kita ngambil pelatih yang top di Silat, sehingga kita berhasil selalu dapat juara,” sebutnya.

Soal motivasi anak-anak dapet juara, Wijaya Putra menyebutkan, bahwa mereka itu dari bawaan, saat duduk di bangku SD dan SMP, sehingga pihak SMK hanya melanjutkan prestasi anak-anak.

“Kalau di SMA dan SMK ini, bagi anak-anak jauh lebih ringan. Tinggal ditanya, anak-anak senang apa dan pernah dapat juara apa. Jadi, kita teruskan disini hingga anak-anak siap bertanding, tinggal nyari moment saja,” tambahnya.

Strategi itu diterapkan, lanjutnya agar bakat anak-anak tidak terputus sehingga pihak SMK Negeri 3 Denpasar siap memfasilitasi kegiatan tersebut.

“Anak-anak yang punya talenta seperti ini biasanya karakternya baik. Ketika mereka punya rasa bangga dia akan bisa jaga diri,” tandasnya.

Selain konsumsi, pihak SMK Negeri 3 Denpasar siap memfasilitasi sarana latihan dan transportasi bagi anak-anak.

“Apalagi, lokasi Porsenijar di Denpasar, khan dekat disini. Jadi, tidak terlalu perlu banyak biaya. Bahkan, anak-anak yang bagus prestasinya sampai keluar Bali pun kita fasilitasi, ada ke Solo waktu ini. Jangan sampai mereka tidak sampai disana malah mereka punya peluang juara yang bawa nama Bali juga,” pungkasnya. (ace).

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button