Siang Ini, DPC PD Pacitan Gelar Pleno Penjaringan Calon Bupati Di Pilbup 2020

2 min read
Pacitan, JB.co.id- Jajaran kepengurusan Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrat (PD) Kabupaten Pacitan, sesegera mungkin menindak lanjuti petunjuk pelaksanaan penjaringan bakal calon bupati dan wakil bupati di Pilbup 2020, sebagaimana telah diamanahkan oleh Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PD, baru-baru ini.
Sekertaris DPC PD Pacitan, Ronny Wahyono, mengatakan, siang nanti pihaknya akan menggelar rapat pleno sebagai tindak lanjut terbitnya surat dari DPP PD soal penjaringan calon bupati dan wakil bupati di Pilbup 2020. “Kita sesegera mungkin menindaklanjuti arahan DPP, sebagaimana yang tertuang di dalam  surat DPP PD nomor 02/JUKLAK/DPP.PD/I/ 2020 tentang Persyaratan dan Mekanisme Pengajuan Serta Penetapan Calon Kepala Daerah dan Calon Wakil Kepala Daerah Pemilihan Umum Kepala Daerah Serentak Tahun 2020,” katanya, sesaat sebelum mengikuti sidang paripurna, Kamis (30/1).
Menurut Ketua Fraksi PD DPRD Pacitan ini, kader harus paham dengan ketentuan aturan yang baru. Kapan tahapan Pibup dilaksanakan dan kriteria apa yang diharuskan bagi calon bupati dan wakil bupati dari PD nantinya. Termasuk tahapan seleksi administrasi bagi para bakal calon yang mendaftar serta uji kompetensi yang akan dilaksanakan nantinya. “Kader PD harus memahami dinamika aturan tersebut. Karena itu, siang ini akan kita gelar pleno menyikapi surat dari DPP PD tersebut,” jelas Ronny yang juga hendak maju sebagai calon bupati Pacitan di Pilbup 2020 ini.
Lantas bagaimana dengan bakal calon yang dari luar kader, apakah punya kesempatan untuk mendaftar? Ronny menegaskan, memang di dalam surat tersebut jelas ditegaskan mengutamakan kader PD. “Namun, ketentuan itu tidaklah mutlak. Artinya, DPC PD membuka kran seluas-luasnya bagi setiap warga negara yang memenuhi syarat dan ketentuan untuk ikut mendaftar sebagai calon bupati dan wakil bupati di Pilbup 2020. Kami (DPC PD, Red) sangat terbuka bagi siapapun yang berkeinginan maju dan mendaftar. Sebab itu hak konstitusional masing-masing warga negara,” tegas putra kandung dari mantan Bupati Pacitan, H Suyono ini.
Sementara itu sebelumnya, Wakil Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bapilu) Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PD Jatim, Sugiri Sancoko, meminta agar jajaran kepengurusan dibawahnya untuk sesegera mungkin membuka penjaringan calon. Ia pun juga memberikan pendapat, agar calon bupati Pacitan kedepan setidaknya memiliki kapabilitas, akseptabilitas, popularitas, elektabilitas dan juga kemampuan “isi tas”. (yun).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *