Berita

Diguyur Hujan Deras, Bumi Makepung Dikepung Banjir

JEMBRANA, jarrakposbali.com ! Hujan deras yang mengguyur Kabupaten Jembrana, Jumat 7 Juli 2023, menyebabkan sejumlah desa dikepung banjir. Terparah terjadi di Desa Pengambengan, Kecamatan Negara.

Di Desa Pengambengan, aktivitas warga lumpuh total akibat terjangan banjir. Ribuan warga menjadi korban, rumah-rumah mereka terendam air setinggi hampir satu meter.

Di Desa Pengambengan ini memang tergolong wilayah rawan banjir. Hampir setiap tahunnya, warga di desa itu selalu dipusingkan dengan bencana banjir.

Advertisement

Seperti yang terjadi Jumat, 7 Juli 2023. Sejak pagi wilayah ini terendam banjir. Bahkan hingga pukul 20.00 Wita, air yang menggenangi rumah warga tak kunjung surut.

Kondisi tersebut disikapi cepat oleh Pihak BPBD Jembrana. Dua unit posko bencana didirikan di Desa Pengambengan. Sejumlah petugas BPBD, TNI dan Polri serta relawan tanggap bencana juga disiagakan di lokasi membantu warga terdampak.

BPBD Jembrana mendirikan dua posko bencana di Desa Pengambengan

Pihak BPBD Jembrana juga telah mendistribusikan bantuan pakaian, selimut dan obat-obatan kepada warga korban banjir. Bahkan rencananya malam ini Bupati Jembrana I Nengah Tamba akan turun ke lokasi banjir untuk melakukan pengecekan secara langsung.

“Di desa ini ada ribuan rumah warga terendam banjir. BPBD sudah mendirikan dua posko bencana dan sudah mendistribusikan bantuan baju, selimut maupun obat-obatan kepada warga. Sebentar infonya Bapak Bupati mau meninjau lokasi,” ujar Putu Lenjur, salah seorang warga Jembrana, Jumat (7/7/2023)

Warga lainnya mengungkapkan, di Desa Pengambengan memang merupakan daerah langganan banjir jika hujan deras turun. Penyebabnya diduga karena sistem drainase yang buruk, sehingga tidak bisa menampung tingginya volume air saat musim hujan.

“Disamping karena drainase yang kurang bagus, daerahnya juga sangat rendah sehingga sangat mudah terjadi banjir saat musim hujan,” ujar warga lainnya.(ded)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button