Berita

Kasus PT Asabri, KPK Tunggu Hasil Audit BPK

Jakarta, JBM.CO.ID–Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) masih menunggu hasil audit potensi kerugian negara dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), terkait kasus dugaan korupsi di PT Asabri.

“Pasti koordinasi BPK. Kami sudah melakukan kesepakatan, apabila ada kerugian negara yang dihasilakan dihutung oleh BPK, tentu kami akan tangani. Itu komunukasi terakhir, hari Rabu kemarin,” kata Ketua KPK Firli Bahuri di Gedung KPK, Jakarta Selatan, Jumat (17/01/2020) malam.

Baca Juga :  KNPI Desak Presiden Merevisi Anggaran Covid-19 Dan Dialihkan Ke Dunia Pendidikan

Ia menegaskan, KPK akan bekerja sesuai dengan hasil audit BPK. Namun sampai saat ini KPK masih menunggu proses audit yang masih dilakukan BPK.

“Saya sudah komunikai dengan Ketua BPK, Wakil Ketua dan anggota BPK. Yakinlah setiap ada dugaan korupsi apalagi merugikan uang negara tentu kami kerja sama dengan BPK dan BPKP, karena memang mereka yang punya kewenangan,” jelas Firli.

Baca Juga :  ASEAN Tingkatkan Sinergi Hadapi Covid-19, Indonesia Tegaskan 4 Hal Penting

Sebelumnya, KPK dan BPK sepakat untuk melakukan penyelidikan bersama terkait dugaan korupsi yang terjadi di PT ASABRI. BPK akan fokus melakukan audit, sementara KPK melakukan penyelidikan terkait dugaan tindak pidana korupsi.

BPK menaksir kerugian di perusahaan asuransi pelat merah itu mencapai Rp 16 triliun. BPK hingga kini masih mengumpulkan data terkait adanya kerugian tersebut.

“Baru perkiraan, BPK sedang mengumpulkan data dan informasi, diperkirakan potensi kerugian Rp 10-16 triliun,” kata anggota BPK Harry Azhar, Rabu, (14/01/2020). (JBM)

Baca Juga :  Pemimpin Harus Merakyat, Paslon AMERTA Langsung Turun Ke Sawah

 

Editor ; Seno 

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also
Close
Back to top button
%d blogger menyukai ini: