Silaturrahmi dengan Kodim, Pemuda Pancasila Jakarta Timur Komitmen Lawan Radikalisme

2 min read
Spread the love

JAKARTA – JBM.co.id – Majelis Pimpinan Cabang (MPC) Pemuda Pancasila Jakarta Timur melaksanakan silaturrahmi ke Komando Distrik Militer (Kodim) 00505/Jakarta Timur pada Senin, (13/01/2020). Mereka diterima langsung Dandim 00505/Jakarta Timur, Kolonel Inf Mohammad Mahfud As’at S.I.P., didampingi Kasdim Letkol Arh Jimmy Hutapea S.E dan Pasiter Kapten Inf Agi Suprapto.

Dalam kesempatan itu, Ketua MPC Pemuda Pancasila Jakarta Timur, Noman Silitonga berharap silaturrahmi dengan jajaran Kodim 00505/Jakarta Timur dapat menjadi momentum positif dalam membangun sinergitas, terutama dalam melawan radikalisme yang sudah menyasar generasi muda.

“Mesti diakui bahwa transformasi paham radikal yang berorientasi kepada kekerasan sekarang polanya semakin sistematis. Salah satunya mereka menyasar generasi muda melalui lembaga pendidikan, media sosial dan pergaulan sehari-hari.”

Baca Juga :  JELANG PENERAPAN NEW NORMAL, KAPOLRES NATUNA TINJAU LOKASI LAHAN KETAHANAN PANGAN

“Itulah sebabnya, hari ini Pemuda Pancasila Jakarta Timur sengaja bersilaturrahmi dengan Kodim Jakarta Timur untuk membangun sinergi dalam menghadapi dan mencegah paham radikal pada kalangan generasi muda,” kata Noman seusai pertemuan.

Menurut Noman, Pemuda Pancasila berkomitmen untuk terus membuat terobosan guna mencegah isu penyebaran paham radikalisme dan aksi terorisme di kalangan generasi muda.

“Salah satunya melalui dialog-dialog secara intensif dengan kelompok masyarakat dalam menumbuhkan dan merawat nasionalisme dan Pancasila, sebagai antisipasi agar mereka tidak terpengaruh paham radikal,” tegas Noman.

Baca Juga :  Upaya Bappenas Dalam Mewujudkan Masyarakat Produktif dan Aman COVID-19

Apalagi kata dia, dalam 10 tahun terakhir tren penyebaran paham radikal pertumbuhannya relatif sangat cepat.

“Sepuluh tahun tahun terakhir ini mengkonfirmasi radikalisme tidak hanya muncul di institusi pemerintah, namun juga di institusi masyarakat, termasuk di bidang pendidikan. Semua membuktikan ancaman radikalisme ini nyata,” imbuh dia.

Penguatan Ideologi

Dia menegaskan, salah satu upaya alternatif efektif yang mesti terus dilakukan ke depan ada pemantapan terhadap ideologi bangsa, seperti Pancasila. Menurutnya, nilai-nilai Pancasila harus ditransformasikan baik melalui pendidikan formal dan kegiatan informal.

“Pemuda Pancasila yang memang memiliki ikatan historis dengan TNI juga punya tanggung jawab untuk mencegah radikalisme melalui pemantapan terhadap ideologi bangsa dalam hal ini Pancasila,” kata dia.

Baca Juga :  KPK Dorong Pemerintah Daerah Wujudkan Generasi Antikorupsi, Baru 23% Pemda Implementasi PAK di Sekolah

Sehingga tegas Noman, pertemuan dengan Kodim Jakarta Timur lebih banyak membahas soal keterlibatan Pemuda Pancasila untuk memberangus radikalisme di Tanah Air, terutama di wilayah Jakarta Timur.

“Dandim beserta jajarannya menyambut baik rencana Pemuda Pancasila untuk bersama-sama melawan radikalisme. Karena ini bagian dari ikhtiar Pemuda Pancasila dalam membentengi bangsa ini dari ancaman perpecahan.”

“Pemuda Pancasila juga mengucapkan terima kasih karena sudah diterima dengan baik. Dan harapan besarnya, ini menjadi awal baik dalam meningkatkan ikatan silaturrahmi ke depan,” demikian tandas Noman Silitonga.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *