BeritaDaerahNasionalOlahragaPemerintahan

Visa Olahraga Digunakan Pemain dari Negara Peserta Piala Dunia U-17 untuk Masuk Indonesia

Jbm.co.id-JAKARTA | Visa Olahraga digunakan sekitar 1800 pemain dan ofisial asal 24 negara yang akan berlaga di Piala Dunia Under 17 (U-17), untuk bisa masuk ke Indonesia.

Hingga saat ini telah diterbitkan sebanyak 438 Visa Kunjungan Berindeks C8A atau C8B (Sport Visa).

Di tahun 2023, Indonesia menjadi tuan rumah gelaran Piala Dunia U-17 yang diikuti oleh 24 negara, pada 10 November hingga 2 Desember 2023. Gelaran ini akan diselenggarakan di empat kota, yaitu Jakarta, Bali, Solo dan Surabaya.

Advertisement

Laga perdana akan diawali dengan pertandingan Timnas Indonesia melawan Ekuador di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, pada 10 November 2023 mendatang.

Foto: Sekitar 1800 pemain dan ofisial asal 24 negara yang akan berlaga di piala dunia Under 17 (U-17) bisa masuk ke Indonesia menggunakan Visa Olahraga.

Visa Olahraga merupakan kategori visa kunjungan satu kali perjalanan untuk tinggal di Indonesia selama 60 hari dan dapat diperpanjang.

Skema visa tersebut telah disederhanakan dari versi sebelumnya dengan peruntukan yang sama.

Saat ini, baik atlet maupun tim ofisial tidak perlu lagi melampirkan rekomendasi dari instansi terkait untuk mengikuti kegiatan olahraga atas undangan pemerintah Indonesia, kejuaraan olahraga tingkat internasional atau kegiatan olahraga yang diselenggarakan oleh organisasi keolahragaan internasional.

Visa Olahraga bagi tim ofisial dan atlet bisa diajukan melalui evisa.imigrasi.go.id sejak 28 September 2023.

Pemain asing dan tim ofisialnya cukup melampirkan rekomendasi dari organisasi olahraga. Persyaratannya lebih sederhana, sebagaimana yang diatur dalam PP 40 tahun 2023 dan Permenkumham 22 tahun 2023.

“Jadi, bisa langsung diberikan visa tanpa syarat keterangan pengalaman kerja, Surat Keterangan Kelakuan Baik dari kepolisian negara asal,” kata Direktur Jenderal Imigrasi, Silmy Karim, Jumat, 27 Oktober 2023.

Penghapusan beberapa poin dalam persyaratan visa tersebut didasari pertimbangan bahwa atlet dan artis mancanegara hanya beraktivitas dalam waktu singkat di Indonesia.

Terlebih lagi, konteks pekerjaan yang dilakukan atlet dan artis asing tidak memberikan efek persaingan kepada tenaga kerja lokal.

“Tahun ini, Indonesia ada banyak event olahraga internasional. Kita manfaatkan momentum ini, untuk memperbaiki layanan keimigrasian agar Indonesia semakin diperhitungkan dalam penyelenggaraan event internasional,” tutupnya. (red).

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button