Hebatnya Kasatpol PP Kota Surabaya Menyulap Plat Nomor Dinas Menjadi Plat Hitam Pribadi

2 min read
Spread the love

Surabaya, JBM.CO.ID— Menjelang pergantian tahun baru 2020 kendaraan dinas berupa mobil plat merah mendadak diganti dengan plat hitam. Pemandangan sedikit fenomenal ini malah dilakukan pejabat instansi Pemerintahan Kota Surabaya, lebih tepatnya Satpol PP Surabaya.

Pergantian plat merah diganti dengan plat hitam itu terjadi dikantor Dinas Sat Pol PP Kota Surabaya.

Entah apa yang membuat mobil dinas tersebut diganti, artinya fasilitas kendaraan dari pemerintah ke sejumlah pegawai di lingkungan Sat Pol PP Kota Surabaya diduga disalahgunakan oknum.

Foto : Rec.dok/

Mobil Toyota Innova yang telah diganti tersebut ber plat merah nopol L 70 NP diganti warna menjadi plat hitam.

Baca Juga :  Pasien Covid-19 Confirm Di Pacitan Kembali Bertambah Empat. Total Ada 39

Diduga hal serupa juga terjadi di beberapa mobil dinas lain milik SatPol PP Kota Surabaya, yakni diantaranya mobil Isuzu Panther dengan nopol L 1570 NP dan mobil Toyota Innova L 1538 PP. Sekilas dari plat kendaraan itu nampak seperti milik pribadi karena tidak ada kode khusus untuk spesialis pejabat.

Irvan Widianto saat dikonfirmasi (Sabtu 28/12/2019) membenarkan bahwa mobil dinas yang diberikan Pemkot Kota Surabaya itu plat merah diganti dengan plat hitam.

“Iya, saya ganti karena ada tugas khusus dan mobil tersebut dibuat operasional kegiatan Sat Pol PP Kota Surabaya,” terang Kasat Pol PP Kota Surabaya, Irvan Widianto saat ditemui di ruang kerjanya.

Baca Juga :  Musrenbang di Pesawaran, Gubernur Arinal Dorong Optimalisasi SDM dan SDA untuk Percepat Laju Pembangunan di Bumi Andan Jejama

Irvan menambahkan, ketika mobil tersebut dibuat operasional melaju dijalan raya, Polisi mengetahuinya dan tidak ada pelanggaran.

“Kecuali mobil dinas tersebut saya ganti nopolnya baru bermasalah, kan cuma diganti warnanya. Jelas itu masih mobil dinas,” Beber Irvan.

Namun aneh setelah penjabaran di atas mobil yang mulanya berplat merah L 70 NP tersebut dalam hitungan menit dirubah lagi menjadi warna merah. Mungkin risih atau ketakutan ketika awak media mengkonfirmasi perihal ini.

Sementara itu, Kasatlantas Polrestabes Surabaya, Saat dihubungi melalui telepon seluler Kompol Teddy Candra menegaskan, pergantian plat warna merah menjadi plat hitam itu merupakan pelanggaran.

Baca Juga :  Made Ray Sukarya : Agar Ekonomi Bangkit Pemerintah Harusnya Gratiskan Swab

“Jelas tidak boleh, itu merupakan pelanggaran apabila diketahui melaju ke jalan raya petugas kami akan tindak tegas,” ujar Teddy.

Menurutnya, ada beberapa mobil dinas yang diperuntukan dengan mobil dinas berganti plat warna.

SatPol PP Kota Surabaya diduga melanggar Undang – Undang Nomer 22 Tahun 2009 Tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan serta melanggar Peraturan Kapolri Nomer 5 Tahun 2012 tentang Registrasi dan Indentifikasi Kendaraan Bermotor.(JBM)

 

Editor : Seno

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © All rights reserved. | W2B by JBM.CO.ID.