Mahatma Gandhi

2 min read
Spread the love

28 Desember 2019

JBM.CO.ID—Pemikiran Mahatma Gandhi, Bapak Bangsa India itu, masih sangat relevan sampai kini. India merdeka dari cengkeraman penjajah Inggris karena perjuangannya. Gerakannya disebut ahimsa yang artinya tanpa kekerasan. Swadeshi yang artinya berdiri di atas kaki sendiri alias mengandalkan kekuatan sendiri. Non cooperative, menolak bekerja sama dengan pemerintah Inggris.

Baca Juga :  ketua KPK Firli Bahuri ; Aktualisasi Hardiknas Bagi Kehidupan Serta Masa Depan Diri dan Bangsa Indonesia

Gerakan Mahatma Gandhi ini membuat banyak industri Inggris di India pada masa itu bangkrut. Pejuang gigih India ini berhasil memukul penjajah Inggris. India bebas dari penjajahan Inggris tahun 1947 dan menjadi Negara merdeka yang menentukan nasibnya sendiri. Mahatma Gandhi sendiri pada masa mudanya pernah berpraktek sebagai pengacara di Afrika Selatan.

Baca Juga :  Pangdam XII/Tpr Dampingi Kunjungan Kerja Presiden RI di Provinsi Kalteng

Gagasan Mahatma Gandhi mendunia. Banyak hal yang bisa dipetik hikmahnya dari ajaran politisi India ini. Salah satunya adalah menjadi Bangsa mandiri. Membangun Negeri dengan segala kemampuan yang ada pada diri sendiri. Tidak tergantung Bangsa lain.

Lihatnya sekarang, India tumbuh menjadi Negara industri maju.

Mahatma Gandhi orang besar. Tapi tragis sekali hidupnya, mati terbunuh. Tertembak oleh seorang pengikut Hindu yang fanatik. Mahatma Gandhi memberi angin kepada saudara-saudara Muslim di Negerinya untuk membentuk Negara baru Pakistan. Mahatma Gandhi sejajar dengan tokoh-tokoh terhormat lainnya di Dunia. (JBM)

Baca Juga :  Kepala Kampung Argomulyo Kecamatan Banjit Dijemput Paksa Unit Tipidkor Sat Reskrim Polres Waykanan

Penulis : I Wayan Budiartawan

Editor : Seno

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *