Polres Lamongan dan Instansi Pemerintah Siap Amankan Perayaan Natal dan Tahun Baru

3 min read
Spread the love

Lamongan, JBM.CO.ID—Dua moment rawan kerusuhan yaitu Natal dan pergantian tahun, menjadi perhatian serius Polri dan Instansi terkait. Sehingga, apel gelar pasukan dilaksanakan serempak diseluruh wilayah Indonesiaa.Salah satunya diwilayah Kab Lamongan, menggelar apel gelar pasukan, Kamis (19/12/2019), di Alun-alun Kota Lamongan.

Selain TNI-Polri, apel tersebut diikuti seluruh Isntansi dari Pemkab Lamongan dan perguruan pencak silat.Bupati Lamongan saat memimpin Apel menyampaikan intruksi dari Kapolri Jendral Drs, Idham Aziz, M.Si, yakni 12 potensi kerawanan yang patut diantisipasi.

Sesuai amanah Kapolri yang patut diantisipasi dalam moment natal dan pergantian tahun baru yakni, aksi terorisme, kejahatan konvensional, kemacetan lalu lintas, kecelakaan transportasi, sweeping ormas, aksi penolakan peribadatan, kenaikan harga sembako, konflik sosial dan tawuran bencana alam, konvoi dan balap liar, kebakaran akibat petasan, dan pesta narkoba serta pesta minuman keras”, kata Fadeli, SH, MM, saat membacakan amanah Kapolri.

Baca Juga :  Aziz Syamsuddin Menemui BEM SE JABODETABEK di DPR RI terkait RUU Cipta Kerja

Berkaitan dengan hal tersebut, seluruh Kasatwil harus dapat bersinergi dengan stakeholder terkait untuk menentukan langkah antisipasi yang proaktif dan menerapkan strategi yang tepat guna mengatasi potensi gangguan yang ada sesuai dengan karakteristik kerawanan masing-masing daerah, ” ujar Bupati Lamongan.

Apel Gelar Pasukan, bertujuan untuk memastikan kesiapsiagaan personil dan peralatan pengamanan. Soliditas para pemangku kepentingan yang dilibatkan. Sementara Operasi Lilin tahun 2019 juga akan digelar 10 hari kedepan, mulai 23 Desember 2019 hingga 01 Januari 2020.

Sesuai intruksi Kapolri, Bupati Lamongan menyampaikan, dimana pengamanan difokuskan pada 61.308 obyek di seluruh Indonesia, baik Gereja, tempat wisata, pusat perbelanjaan, obyek perayaan tahun baru, terminal, pelabuhan, stasiun KA dan bandara.Pengamanan tersebut melibatkan, 191.807 personil gabungan.

“Petugas gabungan akan ditempatlan di,1.792 titik pos pengamanan, 745 titik pos pelayanan dan 45 titik pos terpadu. Langkahnya adalah mengedepankan tindakan preventif, primitif serta didukung kegiatan inteligen berupa deteksi dini dan deteksi aksi serta penegakaan hukum secara tegas dan professional, ” tambah Bupati Lamongan

Baca Juga :  VIRUS CORONA: 72 PMI TIBA DI BULELENG, DIKARANTINA DI HOTEL

Sementara, Kapolres Lamongan AKPB Feby DP Hutagalung mengatakan, jika Apel Gelar Pasukan Lilin Semeru 2019 menunjukkan kesiapsiagaan personil dan peralatan pengamanan.

Inilah komitmen kami dalam pengamanan dalam rangka hari natan dan tahun baru, Kami Polri bersama TNi dan stakeholder akan memjalankan apa yang diamanah Kapolri yang di sampaikan Bupati Lamongam tadi.Kami akan mengantisipasi beberapa titik yang sudah menjadi kerawanan kerusuhan atau insiden lainnya, ” Kata Kapolres Lamongan.

Untuk pengamanan Hari Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 Polres Lamongan akan menurunkan 300 personil, TNI 150 anggota, libatkan dari Polri itu kurang lebih hampir 300 personil. Selian itu petugas dari Satpol PP, BPBD dan seluruh komponen masyarakat akan dilibatkan.

Polres Lamongan juga akan mendirikan Pos Pengamanan dan Pos Pelayanan di terminal Lamongan.

Baca Juga :  INFO DEWAN: DANA HIBAH DEWAN KANDAS DI TANGAN TAPD BULELENG

“Dua belas potensi kerawanan yang diamanahkan Kapolri, tapi berdasarkan karaktristik untuk Lamongan hanya beberapa wilayah saja. Namun kami terus akan antisipasi, dan kami, misalnya peredaran miras, narkotika dan konflik ditengah itu bisa dilakukan dengan vara pencegahanya nanti. masyarakat terus menccoba melakukan dengan pencegahan secara maksimal.

Secara maksimal seperti peredaran miras, peredaran narkoba, konflik ditengah masyarakat.Kami akan terus bersinergi.dengan pihak terkait, kami lakukan mengecekkan kesiapan Gereja, dan melakukan pemantauan lokasi yang menjadi titik rawan di lokasi rawan,” pungkasnya.

Dipenghujung Apel Gelar Pasukan, juga dilakukan pemusnahan BB Miras dan Narkotika hasil pengunkapan dan pengembangan Polres Lamongan dan dilanjutkan seremoni patroli keliling dan pengecekan pengamanan. (Fauzan)

Editor : Seno Aji.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *