Nasional

Sri Mulyani Minta Bantuan KPK Awasi Pegawai Pajak

JAKARTAJBM.co.id – Menteri Keuangan Sri Mulyani meminta Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk ikut mengawasi dan mendampingi para pegawai yang bertugas di bagian penerimaan negara.

“Kalau yang dipegang itu kewenangan yang memiliki value atau nilai yang besar, maka orang-orang tersebut itu harus dijaga. Bukan diawasi atau dicurigai, tapi dijaga,” kata Sri Mulyani di depan pimpinan KPK dalam acar Hari Anti Korupsi Sedunia di Gedung KPK, Jakarta Selatan, Senin, (09/12/2019).

Sri Mulyani mencontohkan pegawai bagian pemeriksaan di Kantor Pajak Pratama. Posisi ini, kata Sri, merupakan pos yang rawan yang mereka berhadapan dengan wajib pajak yang diperiksa.

Pasalnya kata dia, pegawai pajak sekalipun digaji berapapun cenderung tergoda karena penerimaan negara dari sektor pajak mencapai ribuan triliun.

“Jadi kalau ngomong cukup atau enggak cukup, itu masalah tamak atau enggak tamak aja gitu.”

Untuk itulah, Sri Mulyani menilai tugas paling berat dari KPK adalah memindahkan mindset untuk menciptakan masyarakat yang based on trust. Jika masyarakat didominasi oleh ketakutan apalagi ancaman, kata dia, maka seluruh sistem akan mengikuti cara seperti itu. “Itu very high cost,” ujarnya.

Sri Mulyani percaya bahwa 97,5 persen pejabat negara adalah orang yang baik. Kelompok inilah, kata Sri, yang harus dirangkul Sri agar mereka sama-sama menjaga penerimaan negara. “Kalau ASN merasa (KPK) ini partner-nya, maka akan terjadi trust,” kata dia.

Dalam suatu masyarakat atau bangsa yang memiliki kepercayaan, Sri Mulyani pun percaya ekonomi negaranya akan maju dengan luar biasa.

Banner Iklan Rafting Jarrak Travel

Related Articles

4 Comments

  1. 118167 329639Hi there, just became aware of your weblog by means of Google, and identified that it is truly informative. Im gonna watch out for brussels. I will appreciate in the event you continue this in future. Lots of people is going to be benefited from your writing. Cheers! 621299

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button