Berita

KUTUK BOM BUNUH DIRI DI MEDAN JK SEBUT HARAM DARI SEGI AGAMA

MAKASSAR-JBM.CO.ID– Mantan Wakil Presiden Republik Indonesia dua periode, Jusuf Kalla (JK) mengutuk keras aksi bom bunuh diri yang terjadi di Medan 13 November 2019 lalu.

Bahkan dirinya menegaskan bahwa tindakan bom bunuh itu haram dari sisi agama.

“Ya tentu, bom bunuh diri kan haram dari segi agama. Bunuh diri saja haram, apalagi membunuh orang lain dengan cara bunuh diri, tentunya sangat berat,” ujar Jusuf Kalla di Yogyakarta, Jumat (15/11/2019).

Ketua Umum Dewan Masjid Indonesia (DMI) ini menganggap bom bunuh diri seperti yang terjadi di Medan merupakan aksi yang tidak bisa dimaafkan karena tidak satupun agama yang membenarkan.

“Tidak ada perintah agama untuk saling membunuh selain mempertahankan diri. Membunuh orang lain dengan alasan agama sama sekali tidak ada,” ujar JK.

JK menegaskan jika sumber radikalisme atau terorisme yang membuat orang nekat melakukan aksi bunuh diri atas nama agama bukan berakar dari tempat ibadah seperti masjid.

“Radikalisme tidak (bersumber) dari masjid. Saya bilang, 99 persen masjid itu aman saja. Bahwa ada pengajian-pengajian tertentu yang keras umumnya tidak di masjid,” pungkas JK.

JK menyatakan pelaku bom bunuh diri mendapat ajaran sesat sepengetahuannya justru dari informasi dunia maya seperti internet. “Lihat saja orang bikin bom, dari mana kalau bukan dari internet?” ujarnya.

Namun JK tak menampik jika ada orang menjadi sesat pikir dan melakukan teror karena hasutan dari guru agamanya yang sudah terpapar radikalisme.

“Kalau yang mengajarkan (radikalisme) guru ngajinya, ya yang salah gurunya itu, guru ngaji bisa salah juga kan,” ujarnya. (INS)

Banner Iklan Rafting Jarrak Travel

Related Articles

5 Comments

  1. Howdy just wanted to give you a quick heads up.
    The text in your post seem to be running off the screen in Internet explorer.
    I’m not sure if this is a format issue or something to do wkth
    broowser compatibility but I figured I’d post to let yyou know.
    The layout look great though! Hope you get the problem fixed soon. Thanks
    website

  2. 918605 744971There a few intriguing points more than time here but I dont know if I see them all center to heart. There exists some validity but Let me take hold opinion until I appear into it further. Really good post , thanks and now we want far more! Included with FeedBurner at exactly the same time 672753

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button