SIMAK! INI KRONOLOGIS PERKELAHIAN APARAT POLRI DAN TNI DI PALEMBANG

4 min read
Spread the love

PALEMBANG-JBM.CO.ID- Prihatin! Itulah yang bisa kita ungkapkan ketika aparat penegak hukum berkelahi apalagi di jalanan hanya gegara hal sepele. Peristiwa perkelahiam antara oknum aparat polri dan TNi terjadi Selasa (12/11) kemarin di Palembang Sumatera Selatan. Padahal sebagai sesama aparat penegak hukum  mestinya seorang polisi dan tentara mesti menjadi contoh bagi masyarakat dalam menjaga keamanan, ketertiban dan kenyamanan masyarakat.

Pada hari Selasa Tanggal 12 November 2019 sekitar pukul 17.30 Wib di Simpang 4 Pasar Lemabang Jl. Yos Sudarso, Sei Buah, Kec. Ilir Timur II, Kota Palembang, telah terjadi Perkelahian yang melibatkan anggota TNI AD a.n Serda Bismar Farista Adi Nrp 21170035700197 Jabatan Batimin Staf Intelrem 044/ Gapo (Personil TC Basket Kodam II/Swj) dan Serda Ahmad Nur Cahyono Nrp 21170228440295 Jabatan Danru Ban/Ki Senapan Kesatuan Yonif 141/ AYJP (Personil TC Atletic Kodam II/Swj) dengan Anggota Polri a.n Bripda Nando Ferdiansyah Anggota Sabhara Polrestabes Palembang.

*Adapun Kronologis kejadian sbb :*

a. Pada hari Selasa tanggal 12 November 2019 sekira pukul 16.30 Wib Serda Bismar dan Serda Cahyono berangkat dari Jakabaring rencana akan pergi kerumah Mayor Joko (Kasi Or Jasdam II/ Swj) alamat Perumahan Barcelona Kenten Palembang mengendarai Kendaraan Mobil jenis Honda Brio Nopol H 35 WA warna merah dengan maksud untuk mengantar oleh-oleh dari Bengkulu.

b. Sesampainya dipertengahan Jalan tepatnya di Simpang 4 Lampu Merah Rajawali Jl. Perintis Kemerdekaan Serda Bismar dan Serda Cahyono dipepet oleh Mobil Jenis Sigra warna Putih Nopol yg tdk ketahui dengan Knalpot Racing yang dikendarai oleh Bripda Nando Ferdiansyah *(Menggunakan Pakaian Uniform seragam dinas Polisi)* Karena merasa tidak terima Serda Bismar mengejar Mobil tersebut dan terjadilah saling kejar-kejaran antara Mobil yang dikendarai Serda Bismar dan Bripda Nando sampai di simpang 3 Jl. Letkol Nur Amin Boom Baru Mobil yang dikemudikan Serda Bismar hampir bertabrakan dengan mobil lain yang berlawanan arah. Tepat sebelum Simpang 4 Pasar Lemabang Bripda Nando membuka kaca mobil dan berkata kepada Serda Bismar dan Sersan Cahyono *”Hoy Maksud kau Apo cak itu”* setelah itu Bripda Nando memacu gas untuk kabur, Serda Bismar dan Serda Chayono mulai emosi dan kembali mengejar Mobil yang dikendarai Bripda Nando.

Baca Juga :  Ketua DPC PDIP Pacitan: Pilbup Ibarat Sate Dengan Soto. Harus Lebih Sabar

c. Setelah sampai di Simpang 4 Pasar Lemabang Jl. Yos Sudarso, Sei Buah, Kec. Ilir Timur II, tiba-tiba Mobil yang dikemudikan oleh Bripda Nando berhenti tepat didepan Mobil yang dikendarai Serda Bismar. Kemudian Ketiganya turun dari mobil dan saling menghampiri. Kemudian Bripda Nando berkata *”Kau nak apo”*, dan dijawab oleh Serda Cahyono “idak apo-apo” dan Serda Cahyono langsung memukul kearah muka Bripda Nando kemudian terjadilah perkelahian Serda Cahyono dan Serda Bismar dengan Bripda Nando.

d. Setalah terjadinya perkelahian tsb Bripda Nando pergi dengan mengendarai Mobilnya menuju Arah Pusri dan Serda Bismar serta Serda Cahyono pergi menuju kerumah Mayor Joko alamat Perumahan Barcelona, Kenten Palembang untuk mengantar oleh-oleh.

e. Sekira Pukul 19.00 Wib Serda Bismar dan Serda Cahyono meninggalkan kediaman Mayor Inf Joko menuju ke Barak PSAD Jasdam II/Swj KM 9 Kota Palembang untuk mengantar Serda Cahyono. Selanjutnya Serda Bismar kembali ke Asrama Sekojo (Komplek Bekangdam II/ Swj).

Baca Juga :  Kadin Indonesia Canangkan Program UMKM Naik Kelas

f. Sekira Pukul 22.00 Wib Serda Bismar dihubungi oleh Serda Ade anggota Denpom II/4 Palembang untuk memberitahu bahwa masalah perkelahian antara dirinya dengan Anggota Polisi rekaman videonya sudah Viral di Medsos (akun Instagram Palembang_Bedesau) dan Serda Ade juga meminta Serda Bismar agar merapat ke Denpom II/4 Palembang guna menyelesaikan permasalahannya. Kemudian Serda Bismar langsung menghubungi Serda Cahyono dan memberitahu bahwa permasalahan perkelahian mereka saat ini sudah Viral di Medsos dan Serda Bismar menyampaikan agar Serda Cahyono bertemu dengannya di Kopi Tiam Jl. Rajawali Kota Palembang.

g. Sekira pukul 22.30 Wib Serda Bismar menuju ke Denpom II/4 Palembang dengan menggunakan Kendaraan Mobil Brio untuk menjemput Sertu Fransiskus Anggota Denpom II/4 Palembang, Serda Ade dan Serda Lubis Anggota Yonif Raider 142/KJ (Personil TC Renang di Jasdam II/Swj) kemudian bersama-sama menuju ke Kopi Tiam Jl. Rajawali untuk bertemu dengan keluarga Bripda Nando dengan maksud untuk menyelasaikan permasalahan tersebut dengan cara kekeluargaan.
Setelah sampai di Kopi Tiam Jl. Rajawali Sertu Fransiskus dan rombongan melihat banyak Anggota Polisi berkumpul (kurang lebih 30 Orang). Untuk Menghindari terjadi hal2 yang tidak diingankan akhirnya Sertu Fransiskus mengambil inisiatif turun sendiri dari mobil menemui rombongan keluarga Bripda Nando untuk melakukan Mediasi, sementara Serda Bismar beserta yang lainnya masih menunggu didalam mobil. Dikarenakan tidak mencapai kesepakatan Sertu Fransiskus kembali ke mobil dan memustuskan untuk menuju ke Dunkin Donats Jl. Demang Lebar Daun. Namun merasa dibuntuti oleh rombongan Anggota Polisi akhirnya Sertu Fransiskus mengajak untuk pergi dari Dunkin Donats menuju Kedai Kopi yang ada di Depan Makorem 044/Gapo Jl. Jenderal Sudirman KM 4.5 Palembang. Namun Rombongan Polisi tetap membuntuti Rombongan Sertu Fransiskus.

Baca Juga :  Penyaluran Bansos, KPK Pantau Realisasi Anggaran Penanganan Covid-19

h. Sekira Pukul 00.30 Wib Serma Hakim (Anggota Deninteldam II/Swj) datang ke Kedai Kopi dan memanggil Serda Bismar dan Serda Cahyono diajak ke Warung Pecel Lele sebelah Kedai Kopi depan Korem 044/Gapo tidak lama kemudian Dantim Intelrem 044/ Gapo (Kapten Arm Zainal Arifin) beserta Orangtua dari Bripda Nando (Iptu Suratman) Kanit intelkam Polrestabes datang dan dilakukan mediasi. Setelah selesai dilakukan mediasi Serda Bismar dan Serda Cahyono diperintahkan agar ke Kantor Tim Intelrem 044/Gapo untuk dimintai keterangan lebih lanjut.

Upaya yang telah dilakukan :

1. Mengamankan Serda Bismar dan Serda Cahyono ke Kantor Tim Intelrem 044/Gapo.

2. Melakukan mediasi antara pihak keluarga Bripda Nando an. Iptu Suratman (ayah kandung Bripda Nando ang Satintelkam Polresta Palembang) dengan Dantim Intelrem 044/Gapo.

3. Melaporkan kepada Kasi Intelrem 044/Gapo.

4. Meminta keterangan oleh personel Tim Intelrem 044/Gapo terhadap Serda Bismar dan Serda Cahyono.

Rencana pada hari Rabu 13 Nop 2019 pkl 10.00 wib akan dilakukan mediasi lanjutan di Mapolrestabes Palembang guna penyelesaian lebih lanjut terkait permasalahan tersebut.

Jbm.co.id/ins

Editor: asep

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © All rights reserved. | W2B by JBM.CO.ID.