KAPOLRI BARU DAN TANTANGAN STABILITAS KEAMANAN INDONESIA

2 min read

OLEH: Irjen. Pol. (Purn). I Ketut Untung Yoga Anna , SH.MM

DENPASAR-JBM.CO.ID- Setelah Resmi sebagai Presiden dan Wakil Presiden R.I, pasangan Jokowi – Mak’ruf pun segera membentuk dan melantik kabinet baru. Dengan ditugaskannya Tito Karnavian sebagai Mendagri, melalui mekanisme yang berlaku telah pula ditunjuk Jenderal Polisi Drs. Idham Azis, M.si sebagai Kapolri baru pengganti Jenderal Polisi Prof Dr. Drs. HM Tito Karnavian, P.hd.

Baca Juga :  Kapolres Bersama Bupati Mesuji Wujudkan Kamtibmas Melalui Giat Patroli Subuh

Tantangan tugas Kapolri baru telah menghadang menuntut stabilitas Keamanan dibalik kondisi politik pasca Pemilu yang belum kondusif.
Isu-isu dan gerakan intoleransi, radikalisme dan terorisme yang potensial dan nyata tidak sesuai  dengan 4 pilar NKRI menjadi Pekerjaan Rumah tersendiri bagi Pemerintah dengan Kabinet yang baru dan harus mampu menyatukan kekuatan membangun sinergi dengan seluruh pemangku kepentingan menerapkan sistem yang lugas namun elegan dengan tetap menjunjung tinggi prinsip-prinsip kemanusiaan dan Hak Azasi Manusia.

Baca Juga :  Rapat Kerja LPDB KUD dan KSB PUSKUD Se Indonesia

Kapolri dengan segala kekuatan dan kesiapannya tentu harus dalam sinergi dan dukungan dari segenap komponen bangsa, eksekutif lainnya, legislatif dan yudikatif dalam upaya-upaya menjamin Kamtibmas, memberikan perlindungan, pengayoman dan pelayanan masyarakat dan dalam penegakan hukum sebagai langkah ultimum remidium.
Kesadaran dan ketaatan hukum serta keterpanggilan dan keberanian setiap aparat maupun warga masyarakat dalam upaya-upaya menjaga ketertiban umum dan penegakan hukum sangat diharapkan dalam menghadapi ancaman maupun serangan pelanggar hukum sesuai klasifikasinya.

Baca Juga :  VIRUS CORONA: BALI DAN BANYUWANGI SEPAKATI PERKETAT PINTU MASUK VIA PELABUHAN KETAPANG

Kapolri dituntut harus mampu mengajak seluruh jajaran Polri untuk bergandeng tangan dengan segenap koponen bangsa, bersatu-padu bersama mewujudkan Kamtibmas dan harmoni serta soliditas kehidupan berbangsa dan bernegara sebagai modal menghadapi tantangan perkembangan politik, ekonomi dan keamanan global.

Selamat bertugas Bapak Kapolri, Jayalah Polri dan Jayalah Indonesia

JBM.CO.ID/INS

EDITOR ASEP

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *